Saturday, September 14, 2013

SEJARAH RUBIK CUBE


Sejarah rubik CUBE
Rubik cube adalah permainan dalam bentuk teka-teki mekanik yang dibuat pada 1974 oleh seorang pemahat dan profesor arsitektur dari Hongaria, Erno Rubik. Dari nama tersebut lahirlah permainan yang disebut rubik cube.
Rubik cube itu terbuat dari plastik yang terdiri atas 26 sisi. Setiap sisi dari rubik cube memiliki sembilan permukaan yang terdiri atas enam warna berbeza. Teka-teki dari permainan rubik cube ini harus dipecahkan agar setiap sisi dari kubus rubik punya satu warna.
Sekitar tahun 1974 permainan ini sangat digemari masyarakat Hongaria. Akan tetapi, begitu banyak teka-teki yang harus diselesaikan dan memerlukan waktu lama untuk memecahkan permainan itu, sehingga pada 1980-an permainan ini hanya tinggal sejarah.
Lalu, pada tahun yang sama, rubik cube kembali dibuat dan dipasarkan di Barat. Sekitar tahun 1990-an permainan ini kembali popular. Bahkan, begitu banyak kejuaraan yang digelar di beberapa negara. Terlebih setelah banyak solusi yang ditawarkan para juara dunia dalam bermain rubik cube, seperti Erik, Yu Nakajima, Fridrich, Bob Burton, Pochmann, dan Chris H.
Dengan solusi dari mereka, permainan ini kembali disukai banyak orang. Teka-teki yang harus dipecahkan menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pemain.
Pada 1990, rubik terjual di beberapa negara hingga 300 juta buah. Seiring dengan perjalanan waktu, ternyata rubik cube yang selama ini dimainkan tidak hanya berjenis 3 x 3 x 3, tetapi ada banyak jenis kubus rubik lain, yang mungkin jauh lebih menantang. Ada kubus rubik 4 x 4 x 4, 7 x 7 x 7, bahkan berbentuk prisma.
Permainan rubik cube ini dapat dikatakan cukup bersejarah. Meskipun ada beberapa masa di mana rubik cube sempat tidak diminati remaja kerana tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Akan tetapi, ini tidak menjadi kendala, bahkan rubik kubus semakin eksis pada masa kini.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

My Blog List

Copyright © 2010 ACHIKBLOGSPOT | Design : Noyod.Com | Images: Moutonzare